Kamis, 02 Mei 2013

Apa itu android dan kelebihannya

logo android

Apa itu android

Android adalah system operasi berbasis linux digunakan pada smartphone (ponsel pintar) ataupun pada PC tablet dan bersifat open source. Sebelum di akuisisi oleh google pada pertengahan tahun 2005, android merupakan milik dari android inc,.

Mungkin banyak yang mengira bahwa vendor pertama yang menggunakan OS android adalah Samsung karena bias dikatakan android dikenal luas oleh masyarakat awam melalui smartphone Samsung. Padahal sebenarnya smartphone pertama yang menggunakan OS android ini adalah smartphone besutan vendor HTC yaitu HTC dream yang dirilis pada 22 oktober 2008.

Semenjak diperkenalkan sekitar 5 tahun yang lalu, android mengalami perkembangan yang sangat pesat dan bahkan telah menggusur mengambil alih pangsa pasar dari smartphone lainnya seperti iOS dari apple, Blackberry OS dari RIM, windows phone dari Microsoft dan symbian dari nokia.

Lihat saja grafik dari google trend di bawah ini. Terlihat bahwa android mengalami perkembangan yang sangat pesat. Berbanding terbalik dengan blackberry yang sebelumnya menguasai pasar smartphone di Indonesia. Grafik peningkatan dari android tidak selalu mengalami peningkatan mulai dari awal peluncurannya.
apa itu android dan kelebihannya
klik gambar untuk memperbesar

Alasan kenapa android mengalami perkembangan yang sangat pesat mungkinsaja di sebabkan oleh beberapa kelebihan yang dimiliki dan ditawarkannya, seperti:
  1. bersifat open source,
    yang artinya google merilis ke public source code dari OS android ini. Yang tentunya akan menarik banyak developer atau pengembang untuk menciptakan aplikasi yang digunakan pada OSandroid ini.
  2. Lebih variatif
    OS android tidak dikhususkan hanya untuk satu vendor saja, tapi diciptakan untuk semua vendor yang ingin mengadopsi OS ini. Berbeda dengan blackberry contohnya yang hanya digunakan pada smartphone dengan vendor blackberry, begitupun iOS pada apple.
  3. harga terjangkau
    Jika dibandingkan dengan smartphone keluaran vendor blackberry dan apple, smartphone dengan OS android memiliki harga yang terjangkau. Bahkan ada yang di bawah 1 jutaan.
  4. terkoneksi dengan seluruh layanan google
    Sudah tidak bias di pungkiri lagi bahwa google merupakan raksasa teknologi dan internet dengan pelayanan yang lengkap dan sangat dibutuhkan. Android merupakan milik google sehingga semua layanan yang lain dari google terkoneksi denganbaik dan memudahkan para pengguna smartphone.
Jenis-jenis android mulai dari yang versi pertama
Platformcodename
versi1.1
versi 1.5 (Cupcake)
versi 1.6 (Donut)
versi 2.0/2.1 (Eclair)
versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)
versi 2.3 (Gingerbread)
versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
versi 4.0 (ICS :Ice Cream Sandwich)
versi 4.1 (Jelly Bean)

ads

Ditulis Oleh : dan Hari: 8:43 AM Kategori:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.