Jumat, 03 Mei 2013

Jenis-jenis android

android

Sebagai operating sistem yang banyak di gunakan pada smartphone, google yang merupakan pemilik android rajin melakukan update untuk memperbaiki bug dan meningkatkan kualitas OS nya. 

berikut ini jenis-jenis android mulai dari versi yang paling awal:
android
  1. Android versi 1.1

    Android ini dikeluarkan oleh google pada 9 maret 2009 dan merupakan android generasi pertama. Fitur yang tersedia pada android versi pertama ini masih terbilang sederhana seperti kemampuan untuk melakukan pembaruan pada aplikasi, pencarian dengan suara, mengirim pesan email dengan menggunakan layanan e-mail dari google yaitu gmail serta pemberitahuan email.
  2. Android versi 1.5 (Cupcake)

    Android versi keduaini diberi nama cupcake yang menggunakan linux kernel 2.6.27 yang dirilis pada pertengahan mei tahun 2009. Dibandingkan versi sebelumnya, pada versi kedua ini ada penambahan fitur baru yakni kemampuan untuk merekam video dengan mode kamera. Selain itu pada versi ini juga ditambahkan kemampuan untuk langsung mengunggah video ke youtube serta gambar ke picasa langsung melalui ponsel. Pada versi ini juga sudah di dukung dengan bluetooth A2DP, sehingga bisa secara otomatis terhubung dengan headset bluetooth.
  3. Android versi 1.6 (Donut)

    donut yang merupakan nama dari android versi 1.6 ini dirilis pada bulan september 2009. adapun penambahan  fitur pada versi ini yaitu dari segi pencarian lebih baik, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Penambahan galeri sehingga pengguna lebih mudah untuk mengorganisir koleksi fotonya. kamera, camcoder dan galeri yang di integrasikan, CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, gestures dan text-to-speech engine, kemampuan dual kontak, sertaresolusi VWGA.
  4. Android versi 2.0/2.1 (Eclair)

    Eclair, nama android versi 2.0/2.1 yang dikeluarkan pada tanggal 3 desember 2009. Pada versi ini terdapat penambahan fitur yang semakin canggih yaitu pengoptimalan hardware, peningkatan google maps, perubahan user interface (UI) dengan menggunakanbrowser baru serta dukungan HTML5, daftar kontak yang baru serta dukungan flash untuk kamera  3,2 MP, digital zoom dan bluetooth 2.1.
  5. Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)

    Froyo atau frozen yoghurt yang merupakan android versi 2.2 diluncurkan pada 20 mei 2010. Terdapat penambahak fitur dan kualitas pada versi ini diantaranya kemampuan untuk auto update aplikasi pada android market (sekarang google play),kemampuan untuk melakukan pemasangan aplikasi pada SDcard, kemampuan WiFi hotspot portable, dukungan adobe flash 10.1, integrasi V8 javascript engine yang dipakai oleh google chrome, serta kinerja dari aplikasi yang lebih cepat 2 sampai 5 kali.
  6. Android versi 2.3 (Gingerbread)

    Gingerbread diluncurkan pada 6 Desember 2010. Adapun perubahan yang terdapat pada versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming) sehingga cocok bagi mereka yang hoby main game dengan menggunakan smartphonenya, peningkatan fungsi copy paste yang memudahkan untuk menyunting dokumen, layar antar muka (User Interface) didesain ulang sehingga tampilannya lebih segar dan menarik, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.
  7. Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)

    Android Honeycomb yang merupakan android versi 3.0/3.1 ini lebih dirancang untuk digunakan pada PC tablet, hal ini dikarenakan pada versi ini android mendukung untuk ukuran layar yang lebih besar. Selain itu Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis.
  8. Android versi 4.0 (ICS: Ice Cream Sandwich)

    Ice Cream Sandwich diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011. Penambahan fitur yang menarik pada versi ini adalah kemampuan untuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, kontak terpadu dengan jejaring sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.
  9. Android versi 4.1 (Jelly Bean)

    Android Jelly Bean diluncurkan dengan keunggulan dan fitur baru diantaranya meningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat. Penambahan Google Now yang berfungsi untuk memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepatseperti dapat mengetahui informasi cuaca, lalu-lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga.
  10. Android versi 4.2 (Jelly Bean)

    Pada jelly bean terdapat penambahan fitur photo sphere untuk panaroma, daydream sebagai screensaver, power control, lock screen widget, menjalankan banyak user (dalam tablet saja), serta widget terbaru.

ads

Ditulis Oleh : dan Hari: 12:14 PM Kategori:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.